Artikel ARKENAS

Arkeologi Klasik Hindu Buddha

Dibaca 371 kali
  • article

  • article

  • article

  • article

  • article

Palembang Tanah Tak Bertuan

Wednesday 26, Oct 2016 10:27 AM / Atika

Setelah Sriwijaya mengalami kemunduran dan pusat pemerintahan dipindahkan ke Jambi (abad ke-13 Masehi), beberapa abad kemudian (abad ke-15 Masehi) di Palembang terjadi masa keko­songan pemerintahan. Berbagai penguasa dari tempat lain men­duduki Palem­bang, misalnya Majapahit pada abad ke-14-15 Masehi. Bahkan pada abad ke-15 Palembang diduduki oleh bajak laut dari Nan-hai (Chen Zuyi) sampai akhirnya datang budaya Islam.

Dalam Kakawin Nagarakertagama disebutkan daerah-daerah yang menjadi wilayah Majapahit. Salah satu di antaranya adalah Palembang. Meskipun Palembang tidak diurus Majapahit, namun pengaruh Majapahit tercermin dalam tinggalan budayanya seperti yang ditemukan di daerah sekitar 2 Ilir. Tinggalan budaya itu antara lain berupa bangunan candi yang pada masa Islam dimanfaatkan sebagai makam pendiri Kesultanan Palembang, yaitu ki Gede ing Suro, dan arca-arca Wisnu, Siwa, dan Brahma.

Ma Huan dalam Ying-yai Sheng-lan menyebutkan keda­tangan Cheng Ho ke Palembang (tahun 1405) adalah mem­bawa titah khusus Kaisar Yung Lo untuk menangkap Chen Zuyi. Bajak laut ini berhasil ditangkap dan dibawa ke Tiongkok untuk dihukum mati di hadapan kaisar.

(BBU)


comments powered by Disqus

Baca Lainnya


Berita Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Penelitian Karakteristik Budaya Maritim Masa Islam Di Pantai Lamreh, Aceh Besar, Aceh, Tahun 2018

Thursday 02 / Atika

Tim penelitian dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) meneliti situs-situs arkeologi pantai di Lamreh, berlangsung dari 8 sampai dengan 23 Juli 2018. Lokasi penelitian termasuk wilayah Desa Lamreh, Kecamatan…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan