Artikel ARKENAS

Arkeologi Klasik Hindu Buddha

Dibaca 482 kali
  • article

  • article

Mintaqulburuj

Monday 11, Sep 2017 11:21 AM / Atika

Sebuah artefak yang berkaitan dengan upacara dan astronomi adalah Mintaqulburj atau “Bejana Zodiak”. Di Indonesia benda ini ditemukan di daerah Jawa Timur dan Bali dengan jumlah keseluruhan ada 11 buah (semua berhias di bagian dinding luarnya), tersimpan di Museum Nasional dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Diduga benda ini masih dipakai sebagai perangkat upacara di daerah Bali dan Tengger. Di Bali bejana ini disebut sangku yang biasa dipakai oleh pinandita, pemangku sebagai tempat tirtha (air suci). Di Tengger bejana ini disebut prasen yang biasa dipakai oleh para dukun sebagai tempat air suci pada waktu upacara kesodo misalnya.

Wadah tempat air suci ini umumnya dibuat dari logam (perunggu dan kuningan), tetapi ada pula yang dibuat dari batu. Bejana Zodiak yang dibuat dari logam berbentuk silinder dengan diameter bagian atas berukuran lebih besar (10-16 cm) dari diameter bagian bawah (8-14 cm). Tingginya berukuran sekitar 10-12 cm. Dari koleksi yang ada di Museum Nasional (10 buah), dua buah di antaranya mempunyai tutup.

Pada Bejana Zodiak yang berhias, hiasan biasanya dibubuhkan pada bagian dinding luar yang dibuat dengan teknik tempel. Di dasar bagian dalam juga terdapat hiasan yang berbentuk matahari dengan sinar-sinar lidah api di sekelilingnya. Hiasan yang terdapat pada dinding luar ada dua baris, baris atas dan baris bawah. Baris atas menggambarkan sosok manusia dan seekor burung (kadang terdapat angka tahun yang ditulis dalam aksara Jawa Kuno), sedangkan baris bawah menggambarkan lambang-lambang rasi menurut versi Jawa Kuno.

Hiasan sisi luar bagian bawah terdiri dari gambar-gambar bentuk rasi. Lambang-lambang rasi yang terdapat di sekeliling Bejana Zodiak ini digambarkan sesuai dengan susunan rasi yang dilalui matahari dalam perputaran tahunannya. Pada Bejana Zodiak gambar-gambar rasi ini digambarkan melingkar yang dibacanya dari kanan ke kiri. Gambar-gambar yang terdapat pada salah satu Bejana Zodiak adalah kambing berjanggut, lembu jantan berkalung, mimi (ketam ladam), ketam, singa, gadis yang sedang duduk menghadap ke kiri, timbangan, kalajengking, busur dengan anak panah mengarah ke atas, udang, tempat air berbentuk tempayan/guci bertutup, dan ikan.

Gambar-gambar sisi luar bagian atas terdiri dari 11 figur manusia dan seekor burung. Masing-masing gambar figur manusia terletak di atas gambar rasi kambing, lembu, mimi, ketam, singa, gadis, timbangan, kalajengking, udang, tempat air, dan ikan. Gambar burung terletak di atas gambar rasi busur dengan anak panah. Beberapa Bejana Zodiak di atas gambar burung terdapat angkatahun yang ditulis dalam aksara Jawa Kuno. Di dasar bagian dalam Bejana Zodiak terdapat hiasan berbentuk lingkaran matahari. (BBU)


comments powered by Disqus

Baca Lainnya


Berita Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Kerajaan Melayu Pindah ke DAS Batanghari, Dharmasraya, Sumatera Barat

Thursday 27 / Atika

Daerah hulu Batanghari dan Rambahan, tidak lepas dari latar belakang sejarah daerah tersebut yang dikaitkan dengan dua kerajaan besar di awal Masehi yaitu Melayu dan Sriwijaya. Kedua kerajaan saling mendominasi…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan