Artikel ARKENAS

Arkeologi Klasik Hindu Buddha

Dibaca 835 kali
  • article

  • article

  • article

  • article

Candi Solok Sipin

Wednesday 14, Jun 2017 09:55 AM / Atika

Runtuhan bangunan Solok Sipin terletak di Kelurahan Sipin, Kecamatan Jambi Kota, Jambi. Situs Solok Sipin terletak pada sebidang tanah di tepi Batanghari yang keadaan permukaan tanahnya tidak rata. Jarak dari tepian sungai sekitar 200 meter. Keadaan permukaan tanahnya berbukit-bukit gelombang lemah. Seluruh areal situs berukuran sekitar 10 kilometer persegi, dan di areal tersebut ditemukan sekurang-kurangnya 4 buah kelompok bangunan bata. Tinggalan budaya masa lampau lain yang ditemukan di Situs Solok Sipin berupa arca Buddha dari batupasir, sebuah stupa dari batu-pasir, dan 4 makara yang juga dari batupasir. Pada tahun 1954 situs ini pernah dikunjungi oleh tim dari Dinas Purbakala di mana pada waktu itu masih pada tempatnya sebuah stupa yang oleh penduduk disebut “batu catur”.      

Arca Buddha dari Solok Sipin yang sekarang disimpan di Museum Nasional digam­barkan dalam sikap berdiri dan memakai jubah yang seolah-olah transparan. Bentuk wajahnya bulat dengan kedua telinga yang panjang, usnisa-nya rendah, dan leher yang berlipat-lipat. Keadaan arca sudah rusak dengan kedua belah tangannya telah hilang dan bagian hidung rusak. Tinggi arca keseluruhan 1,72 meter. Arca Buddha ini ditemukan di antara runtuhan bangunan Candi Sekarabah dan Candi Kuto. Menurut dugaan Satyawati Suleiman arca ini berlanggam Post-Gupta yaitu seni aliran Pala, seperti yang ditemukan juga di Borobudur dan Prambanan (1976: 4). Tetapi Nik Hassan menduga berasal dari sekitar abad ke-7 Masehi (1992: 47).

Di Situs Solok Sipin ditemukan juga empat makara, masing-masing berukur­an tinggi 1,10 meter, 1,21 meter, 1,40 meter, dan 1,45 meter. Pada setiap makara mempunyai hiasan raksasa yang digambarkan seolah-olah berdiri sambil membuka mulut makara. Setiap raksasa membawa tali dan sebuah tongkat besar yang di bagian ujungnya terdapat hiasan bunga.


Salah satu dari empat buah makara yang ditemukan dari Solok Sipin mempunyai per­tanggalan 986 ?aka atau 1064 Masehi dan tulisan yang berbunyi //mpu Dharmmawira//. Pra­sasti angka tahun ini ditemukan pada tahun 1902 dan pertama kali dibaca dan diterbitkan oleh Brandes (NBG 1902: 34-36). Hiasannya berupa dua raksasa yang masing-masing memegang lingkaran tali di hadapan bahu kanannya, dan satu raksasa lagi membiarkan lingkaran tali jatuh di bagian pinggang sebelah kiri. Kedua raksasa tersebut digambarkan memakai kain cawat, subang telinga, gelang tangan, dan gelang kaki. Hiasannya yang dipahatkan pada makara menunjukkan suatu gaya seni yang tinggi yang  dapat disejajarkan dengan gaya seni yang terbaik  di Jawa yang berkembang pada abad ke-8 Masehi (Suleiman 1976: 3). Dilihat ukuran makara yang cukup besar, menunjukkan berasal dari sebuah bangunan yang besar. Makara dengan prasasti angka tahun ini sekarang disimpan di Museum Nasional, Jakarta, dengan nomor inventaris 459b, sedang­kan prasastinya bernomor D.110.

Ekskavasi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional tahun 1983 berhasil menampakkan sisa bangunan bata. Namun, karena letaknya di tengah pemukiman penduduk, tim tidak berhasil menampakkan denah seluruh bangunan. Sebagian besar bagian fondasi bangunan telah rusak/hilang. (BBU)


comments powered by Disqus

Baca Lainnya


Berita Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Pola Perdagangan dan Jaringan Pelayaran di Maluku Tengah Abad XV-XVII dari Hitu ke Ambon

Wednesday 18 / Atika

Penelitian Arkeologi Maritim Tahun 2017: Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terbentang dari Sabang di barat hingga  Marauke  di  timur,  dari  Miangas  di  utara  hingga  Rote  di  selatan. Penyebutan…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan