Berita ARKENAS

Penelitian

Dibaca 1261 kali
  • news

  • news

    Candi Jawi bersifat Siwa dan Buddha yang didirikan oleh Raja Kertanagara

  • news

    Naga di ujung tangga naik, Candi Kidal

  • news

    Sosialisasi hasil penelitian di halaman belakang Candi Singasari

  • news

    Tim penelitian dan peserta sosialisasi berfoto bersama di depan Candi Singasari, Malang

Penelitian Ragam Hias Masa Singasari

Wednesday 17, Jun 2015 08:19 AM / Atika

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mengadakan Penelitian peradaban masa Hindu Buddha di Malang, mengkaji tentang ragam hias candi masa Siηhasari. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 4 sd 16 Mei 2015, dipimpin oleh Sukawati Susetyo, M.Hum dengan anggota Drs. Bambang Budi Utomo; Amelia Driwantoro, SS; Murnia Dewi; dan Agus Setiyono.

Kerajaan Siηhasari  berada pada kurun waktu singkat, hanya sekitar 1 abad yaitu abad ke-13. Dalam waktu yang singkat tersebut Siηhas?ri  mampu memberikan corak tersendiri pada hasil kebudayaannya. Tinggalan candi dari masa Siηhasari  yaitu Candi Kidal, Candi Jawi, Candi Singasari, dan Candi Sawentar. Candi-candi tersebut berfungsi sebagai tempat pemujaan dan untuk pendharmaan seorang raja. Beberapa ragam hias candi masa Siηhasari  masih meneruskan ragam hias masa Mataram Kuno seperti: kala, makara, hiasan geometris, gana, guirlande, dan antefiks, namun dengan penggambaran yang khas.  Sedangkan ragam hias yang muncul pada masa Siηhasari  adalah motif naga, cangkang (zaadhuis motive),  garuda, parijatha, bulan dan matahari, dan salip portugis. Relief cerita yang dipahatkan adalah cerita Garudeya dan cerita Pañji.

Dalam penelitian tersebut juga  dilakukan sosialisasi hasil penelitian kepada masyarakat Malang, yang dihadiri oleh komunitas Pandu Pusaka, mahasiswa jurusan sejarah Universitas Malang, Universitas Brawijaya, Siswa SMA Malang, para pemerhati budaya dari Malang dan Surabaya, serta beberapa penduduk Desa Singasari. Untuk lebih mendekatkan kepada tinggalan budaya, maka sosialisasi dilakukan di halaman belakang Candi Singasari. (Sukawati Susetyo).


comments powered by Disqus

Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN SITUS ARKEOLOGI

Thursday 20 / Atika

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN SITUS ARKEOLOGI Oleh : Bambang Sulistyanto Pusat  Arkeologi Nasional   Abstrak Upaya pengelolaan  warisan budaya di situs arkeologi pada masa sekarang, harus memperhatikan makna sosial (social…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan