Berita ARKENAS

Lain Lain

Dibaca 94 kali news

Selamat Hari Purbakala ke-107

Sunday 14, Jun 2020 09:09 AM / Atika

Dunia arkeologi Indonesia, dengan lembaganya telah melewati "metamorfosis" yang panjang. Tanggal yang diperingati setiap tahun oleh dunia arkeologi/purbakala Indonesia sebagai Hari Purbakala yang jatuh pada tanggal 14 Juni merupakan peringatan atas peristiwa penting tentang lahirnya lembaga induk di bidang kepurbakalaan yang menjadi akar dari eksistensi lembaga yang menjalankan fungsi kepurbakalaan pada saat ini.

Dasar penentuan tanggal 14 Juni 1913, adalah peristiwa ketika Oudheidkundige Diens (Dinas Purbakala) secara resmi didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk menggantikan badan sementara yang dibentuk tahun 1901 dengan nama Commissie in Nederlandsche-India voor oudheidkundig op Java en Madoera. Lembaga purbakala pada awal berdirinya mengerjakan dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi pelestarian peninggalan purbakala dan fungsi penelitian arkeologi. Dua fungsi tersebut sekarang dipegang oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (Dit PCBM) dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas).

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional sebagai salah satu lembaga kepurbakalaan saat ini memberikan sumbangsih secara langsung dalam pembangunan mental-spiritual bangsa guna menyukseskan pembangunan di bidang kebudayaan. Pusat Penelitian Arkeologi Nasional beserta Balai Arkeologi di seluruh Indonesia dengan tugas dan fungsi Penelitian Arkeologi akan terus berintegrasi dengan masyarakat. Hasil penelitian arkeologi akan terus disampaikan kepada publik sehingga hasil penelitian arkeologi tidak hanya diketahui dan dirasakan oleh kalangan arkeologi sendiri tetapi juga masyarakat luas.

Kegiatan pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi akan memberikan pemahaman tentang sejarah dan nilai-nilai budaya masa lampau menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan budaya yang berkepribadian luhur untuk membangun insan berkarakter dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menumbuhkan semangat nasionalisme.

Mari Mengungkap Memaknai Mencintai

Selamat Hari Purbakala ke-107



Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Peradaban Masa Kadiri-Singhasari Tertimbun Letusan Kelud

Wednesday 26 / Atika

Pada masa Kediri, di mana lokasi pusat kerajaannya ada di daerah cincin-api, atau lebih khususnya di sekitar gunungapi aktif, yaitu Kelud terjadi bencana alam yang hebat. Banyak bangunan candi yang…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan