Berita ARKENAS

Diskusi Ilmiah

Dibaca 292 kali news

bedah buku MANUSIA-MANUSIA DAN PERADABAN INDONESIA

Thursday 10, Sep 2020 10:02 AM / Atika

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional akan melaksanakan kegiatan bedah buku yang berjudul "Manusia-Manusia dan Peradaban Indonesia”. Kegiatan ini akan diselenggarakan secara daring melalui kanal Youtube Puslit Arkenas pada tanggal 14 September 2020.
Bedah buku kali ini akan menjawab banyak pertanyaan, Siapa yang dimaksud “Manusia Indonesia”, dari mana asal dan usulnya, dan bagaimana perkembangannya dalam ruang dan waktu hingga bersatu menjadi Bangsa Indonesia di kekinian? Bagaimana perilaku kehidupannya, apa saja capaian-capaian dan konsepsi pemikiran yang menggerakkannya, hingga menciptakan “Peradaban Indonesia”? Buku ini berupaya menjawab pertanyan-pertanyaan besar itu untuk pembaca.
“Berangkat dari kelampauan, tiba di kekinian, dan berproyeksi ke masa depan” merupakan konsep penulisan buku ini. Mesin waktu telah menghantarkan kehidupan manusia dan evolusi peradaban Indonesia dari sejak kemunculannya ke masa sekarang. Tidak heran jika buku ini mengajak kita berkelana ke masa silam nusantara dengan merekam peristiwa-peristiwa besar yang bersifat kultural dan natural. Di sana terterakan evolusi lingkungan, termasuk evolusi dan persebaran manusia beserta peradabannya. Dan, disana juga terhimpun local genius yang diperkaya dengan serapan nilai-nilai luar yang kompatibel hingga membentuk mozaik karakter keIndonesiaan.
Idealisme di masa kini adalah “Menjadikan Indonesia yang Sesungguhnya”. Capaian-capaian dan kearifan manusia-manusia Nusantara sebagai buah dari rentetan migrasi, adaptasi, interaksi, evolusi, dan revolusi dalam ruang dan waktu merupakan nilai-nilai luhur yang mestinya menjadi fondasi kehidupan berbangsa di masa kini. Semakin kokoh fondasi itu lewat penggalian, pengaktualisasian, dan pengembangan nilai-nilai, semakin menjadikan Indonesia berdiri teguh, besar, dan berkepribadian di tengah bangsa-bangsa dan peradaban dunia di masa sekarang dan masa mendatang.



Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Arkeologi Natuna: Jaringan Pelayaran dan Perdagangan Pulau Terdepan Nusantara

Monday 07 / Atika

Latar Belakang Natuna adalah gugusan Kepulauan Nusantara di Samudra Natuna Utara (Cina Selatan) yang  memiliki posisi penting sebagai kawasan perbatasan NKRI.   Pada saat ini pemerintah sedang membangun dan  memperkuat wilayah…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan