Berita ARKENAS

Penelitian

Dibaca 768 kali
  • news

  • news

  • news

  • news

  • news

  • news

TEMUAN TERBARU SITUS CANDI ADAN ADAN, Desa Adan Adan, Kec. Gurah, Kab. Kediri, Jawa Timur

Thursday 18, Jul 2019 02:18 AM / Atika

Kediri - Pusat Penelitian Arkeologi Nasional kembali melakukan penelitian di Situs Candi Adan-adan, Kediri, Jawa Timur pada 1-15 Juli 2019, pada penelitian tersebut ditemukan beberapa temuan menarik yang semakin memperjelas keberadaan Situs Candi Adan Adan. Temuan-temuan tersebut adalah Fragmen Arca Amitabha, Fragmen lapik arca, dan Kepala arca Boddhisattva. 
Kepala arca Boddhisattva ditemukan di dinding barat Kotak S2T1 pada kedalaman 280 cm. Artefak ini memiliki fisik dan atribut relatif utuh. Raut wajahnya tenang sedang bermeditasi. Hidung mancung, mata tertutup, terdapat urna di dahi, mulut tertutup, dan telinganya panjang (15 cm). Tinggi keseluruhan arca dari ujung dagu hingga mahkota adalah 48 cm. Panjang wajah 20 cm dan lebarnya 16 cm. Mengenakan mahkota berbentuk kiritamakuta dengan hiasan sangat raya. Jamang yang mengelilingi dahinya juga sangat indah. Pada sekeliling mahkotanya dihiasi oleh bentuk tumpal berisi untaian bunga. Adapun puncak mahkota dihiasi dengan padma ganda.

Arca Amitabha
Temuan menarik lainnya adalah fragmen arca dhyanibuddha Amitabha yang ditemukan di kedalaman 260 cm Kotak S2T1. Arca tersebut saat ditemukan kondisinya tertimbun bersama batu batu candi lainnya termasuk padmasana 

dan kepala arca Dhyani Boddhisatwa. Arca Amitabha hanya tersisa bagian perut ke bawah. Posisi duduk bersila telapak kaki kiri menghadap ke atas. Sikap tangan dhyanimudra. Kain menutupi paha kanan, setengah kaki kiri bagian tulang kering ke bawah. Kain yang dikenakan dobel. Terdapat untaian kain yang ujungnya berlipat lipat. Kaki dipahatkan gendut dengan jari-jari tidak proporsional. Jempol tangannya dipahatkan sangat jelas. Bagian kiri arca sebagian besar hilang terpotong. Terdapat sandaran arca, ukuran lebar bagian depan arca 59 cm dengan tingi 34 cm.

Lapik arca
Lapik arca ditemukan di Kotak S2T1, pada kedalaman 260 cm. Lapik berbentuk padmasana ganda dengan diameter 39 cm dan tebal 21 cm. Di atas lapik terdapat sebuah kaki yang bersandar pada sebuah stella. Stellanya tidak utuh dan pada bagian belakangnya terdapat sebuah pahatan dari kain yang berlipat – lipat dan berhias suluran. Stella dan kaki tersebut satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan lapik, dan merupakan bagian dari satu kesatuan arca. Jari jari kaki dipahatkan tidak proporsional.

Temuan baru tersebut menunjukkan bahwa Candi adan adan mempunyai latar keagamaan Buddha Mahayana. Saat ini kepala arca Boddhisatwa dan beberapa temuan lainnya disimpan di Museum Bhagawanta Bari Kediri. 

(Sukawati Susetyo dan Gumilang C Dityo)



Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Kerajaan Melayu Pindah ke DAS Batanghari, Dharmasraya, Sumatera Barat

Thursday 27 / Atika

Daerah hulu Batanghari dan Rambahan, tidak lepas dari latar belakang sejarah daerah tersebut yang dikaitkan dengan dua kerajaan besar di awal Masehi yaitu Melayu dan Sriwijaya. Kedua kerajaan saling mendominasi…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan