Berita ARKENAS

Pameran

Dibaca 482 kali
  • news

  • news

Jejak Sejarah Austronesia Dipamerkan di Bali

Thursday 21, Jul 2016 11:27 AM / Atika

TEMPO.CO, Denpasar - Sebuah pameran bertajuk “Kita, Austronesia, dan Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia” digelar di Bentara Budaya Bali, yakni di Gianyar. Pameran yang dibuka pada, Senin, 18 Juli 2016, dan ditutup pada 20 Juli 2016 itu merupakan bagian dari acara International Symposium on Austronesian Diaspora.

Pameran yang digelar Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) serta Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini menampilkan artefak-artefak hasil penelitian, replika, poster, dan gambar-gambar lukisan gua prasejarah.

Tak sekadar sebuah perhelatan keilmuan, pameran ini mengajak publik sadar terhadap kekayaan Nusantara. "Yang ada di acara ini semuanya merupakan akar peradaban Indonesia," kata Kepala Puslit Arkenas I Made Geria.

Selain pameran, digelar simposium internasional yang mengusung tema Diaspora Austronesia di Ayodya Resort, Nusa Dua, Bali, 18-23 Juli 2016. Simposium internasional ini diikuti 200 peserta dari 19 negara. Sebanyak 45 orang di antaranya merupakan pakar di bidang Austronesia dari berbagai disiplin ilmu, seperti arkeologi, antropologi, sejarah, geologi, geokronologi, paleiklim, paleogeografi, paleoantropologi, linguistik, dan genetika.
Austronesia adalah sebuah rumpun bahasa, mencakup 1.200 bahasa yang dituturkan oleh populasi setengah kawasan dunia, mulai Madagaskar di ujung barat bumi hingga Kepulauan Paskah di ujung timur Pasifik, dari Taiwan dan Mikronesia di batas utara sampai Selandia Baru di batas selatan.

"Inilah rumpun bahasa dengan sebaran terluas sebelum terjadi kolonialisasi Barat menjangkau berbagai bagian dunia," ujar Made Geria.

sumber: https://m.tempo.co/read/news/2016/07/19/061788764/jejak-sejarah-austronesia-dipamerkan-di-bali


comments powered by Disqus

Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Arkeologi Natuna: Jaringan Pelayaran dan Perdagangan Pulau Terdepan Nusantara

Monday 07 / Atika

Latar Belakang Natuna adalah gugusan Kepulauan Nusantara di Samudra Natuna Utara (Cina Selatan) yang  memiliki posisi penting sebagai kawasan perbatasan NKRI.   Pada saat ini pemerintah sedang membangun dan  memperkuat wilayah…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan