Berita ARKENAS

Diskusi Ilmiah

Dibaca 216 kali news

Diskusi Sambil Ngopi di Rumah yuk...

Wednesday 15, Apr 2020 07:19 AM / Atika

Hai #SahabatArkeo

Bulan ini kita akan membahas sesuatu yang happening banget, yaitu wabah penyakit yang ternyata memiliki riwayat sama panjangnya dengan kehidupan manusia di bumi. 

Beberapa ahli memperkirakan bahwa wabah telah ada sejak zaman prasejarah. Wabah pertama yang tercatat adalah Cacar yang terjadi pada tahun 430 SM di Athena. Kemudian, ada wabah berikutnya yang menghebohkan seluruh dunia yaitu Flu Spanyol yang diperkirakan menginfeksi 60% populasi dunia pada tahun 1918. Korban yang meninggal di Hindia Belanda saja diperkirakan mencapai 1,5 juta jiwa.

Sejarah telah mencatat ragam pandemi yang melanda kehidupan manusia, dari masa lalu hingga masa sekarang. Sejarah mencatat pula berbagai upaya manusia di dalam menghadapi wabah tersebut. Pelajaran apa yang dapat diambil dari pengalaman manusia di masa lalu?

KUY!!! kita nonton live streamingnya dan ajak teman serta keluargamu biar kita semua tahu sejarah wabah yang terjadi pada bangsa kita dan dunia pada umumnya.

Tetap semangat dan jaga kesehatan ya #SahabatArkeo

#arkeologi_nasional #arkenas #pusatpenelitianarkeologinasional #rumahperadaban #dirumahaja #archaeology #arkeologi #bersamahadapicorona



Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Peradaban Masa Kadiri-Singhasari Tertimbun Letusan Kelud

Wednesday 06 / Atika

Pada masa Kadiri, di mana lokasi pusat kerajaannya ada di daerah cincin-api, atau lebih khususnya di sekitar gunungapi aktif, yaitu Kelud terjadi bencana alam yang hebat. Banyak bangunan candi yang…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan