Berita ARKENAS

Lain Lain

Dibaca 609 kali
  • news

  • news

  • news

Kerjasama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Universitas Bordeaux, dan CNRS Perancis

Thursday 25, Jan 2018 05:40 AM / Atika

Perancis -- Kepala Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Drs. I Made Geria, M.Si dan tim memenuhi undangan dari Universitas Bordeaux, Perancis. Kunjungan ini selama 10 hari (13-23 Januari 2018) dalam kesempatan ini Kepala Puslit Arkenas menjajaki kerjasama dalam peningkatan kualitas penelitian arkeologi, laboratorium, dan publikasi.  

Kerjasama antara Puslit Arkenas, Universitas Bordeaux, dan CNRS Perancis disahkan dengan ditandatanganinya sebuah Nota Kesepahaman (MoU) pada tanggal 22/01/2018. Dalam acara penandatanganan ini turut hadir sebagai saksi, Duta Besar RI untuk Perancis  Letnan Jenderal TNI (Purn.) Hotmangaradja M. P. Pandjaitan.  Nota Kesepaham ini ditandatangani oleh Drs. I Made Geria, M.Si (Kepala Puslit Arkenas),  Manuel Tunon de Lara (President Universitas Bordeaux), dan  Gäelle Bujan (Perwakilan CNRS).  Isi dari Nota Kepahaman tersebut antara lain adalah kesepakatan untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan, beasiswa dan pertukaran peneliti, selain itu publikasi pada jurnal ilmiah dan pendukungan kegiatan Rumah Peradaban, dan penelitian arkeologi yang multi-disiplin di wilayah Papua. 

Peningkatan penelitian di wilayah Papua sangat diperlukan karena masih banyak data arkeologi di Papua yang belum terungkap, hal ini sangat penting untuk menguatkan karakter bangsa dan akar sejarah khususnya di Papua. Selain itu kerjasama ini juga akan mengangkat kearifan lokal masyarakat Papua yang sangat luar biasa.  

Diharapkan kerjasama ini dapat menghasilkan penelitian arkeologi yang berkualitas sehingga mengangkat citra baik Indonesia ke dunia internasional dan semoga juga dapat bermanfaat bagi masyarakat Papua. (Shinatria)


comments powered by Disqus

Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Kerajaan Melayu Pindah ke DAS Batanghari, Dharmasraya, Sumatera Barat

Thursday 27 / Atika

Daerah hulu Batanghari dan Rambahan, tidak lepas dari latar belakang sejarah daerah tersebut yang dikaitkan dengan dua kerajaan besar di awal Masehi yaitu Melayu dan Sriwijaya. Kedua kerajaan saling mendominasi…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan