PROFILE ARKENAS

 

1. Pengaduan penemuan benda arkeologi

Pusat Peneltian Arkeologi Nasional melayani pengaduan dari masyarakat baik perorangan maupun lembaga yang menemukan ataupun memiliki informasi tentang benda maupun suatu tempat yang dirasa memiliki nilai sejarah yang tinggi. Temuan tersebut bisa berupa benda/artefak (seperti alat batu, alat logam, alat tulang, gerabah/keramik, tulisan-tulisan (batu/logam/kertas/daun), senjata (batu/logam) dan banyak lagi. Temuan juga berupa tempat/sisa lingkungan yang berhubungan dengan budaya masa lalu atau disebut juga ekofak yang berupa sisa tumbuhan atau binatang (fosil), batuan, juga lokasi atau tempat.

2. Permintaan buku terbitan

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional memiliki 2 jurnal terakreditasi yang terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu Amerta dan Kalpataru. Selain itu juga menerbitkan buku-buku ilmiah dengan tema tertentu yang merupakan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Masyarakat baik perorangan maupun lembaga negeri/swasta bisa mendapatkan terbitan-terbitan tersebut. 

3. Kerjasama Penelitian

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional adalah lembaga penelitian yang melakukan penelitian di bidang arkeologi. Selain melakukan penelitian mandiri dan penelitian kerjasama dalam negeri dengan Pemerintah daerah dan Lembaga Swasta, Puslit Arkenas juga melakukan penelitian kerjasama dengan Negara Asing. Penelitian kerjasama asing mengikuti prosedur dari Kemenristek Dikti melalui Sekretariat TKPIPA (Tim  Koordinasi  Pemberian Izin  Penelitian Asing) dimana Puslit Arkenas menjadi salah satu anggota Sekretariat TKPIPA untuk pemberian ijin penelitian di bidang arkeologi..

4. Permintaan data dan informasi arkeologi

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional juga melayani permintaan data dan informasi terkait dengan penelitian-penelitian yang sudah dilaksanakan

5. Perpustakaan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional

Masyarakat dapat berkunjung langsung dengan mendatangi perpustakaan yang ada di kantor kami, atau melalui laman: http://perpustakaan-arkenas.kemdikbud.go.id/

 

Seluruh layanan yang sudah disebutkan di atas dapat diakses oleh masyarakat melalui social media berupa website : http://arkenas.kemdikbud.go.id/, aplikasi android yang dapat didownload di playstore : Arkeomap, instagram : @arkeologi_nasional, juga email : arkenas@kemdikbud.go.id, telepon : (021) 7988171, 7988131 dan faksimile : (021) 7988187. Untuk surat tertulis bisa dikirimkan kepada kami dengan alamat: Jl. Condet Pejaten No.4, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510.