Artikel ARKENAS

Etnoarkeologi

Dibaca 1971 kali
  • article

  • article

Perkampungan Rumah Adat Loro Dirma

Tuesday 02, Jun 2020 12:39 PM / AW

Perkampungan rumah adat Loro Dirma secara administrasi terletak di Desa Sanleo, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Secara geografis berada pada koordinat 09º 26’46.4”LS - 124º 56’06.1” BT dengan ketinggian 364 meter dpl. Terletak di sebuah bukit Maibiku; yaitu daerah perbukitan batu karang yang dikelilingi oleh tebing dan jurang yang terjal dengan pohon – pohon pelindung alami berupa 3 jenis beringin besar. Di situs ini terdapat 12 suku rumah adat yang terdiri dari: Suku Uma Metan Maromak - Suku Uma Metan Loro Dirma – dan Suku Uma Metan Makerek Loro Dirma.

Salah satu rumah adat yang letaknya berada tepat di belakang Pamong Budaya disebut dengan Rumah Suku Uma Metan Maromak (Rumah Tuhan Allah); yaitu rumah adat yang paling disakralkan di situs ini dan dianggap tempat pemali yang tidak boleh sembarang orang masuk. Konon di rumah ini disimpan benda-benda pusaka berupa meriam kuno, sebuah Gong dan dua buah tempayan yang terbuat dari batu marmer (salah satunya berlapis emas). Masyarakat yang diperbolehkan memasuki rumah ini hanya dari Suku Uma Tea Besi yang dipilih dengan upacara adat setiap 3 tahun sekali.

Rumah adat lainnya di situs ini adalah Uma Metan Makerek Loro Dirma. Rumah Suku ini dpakai sebagai tempat untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan urusan kerajaan (Sekretaris Loro). Dalam rumah adat ini terdapat tempat persembahan (Hane Matan), yang artinya tempat sirih pinang. Selain rumah-rumah adat dengan masing-masing suku pendukungnya, di situs Loro Dirma juga terdapat Beberapa makam keramat yang dipercaya sebagai kubur para pemimpin/raja mereka, antara lain yaitu: makam Ignasius Manek Fatin Nekin (raja yang meninggal dalam tawanan bangsa Belanda di Bima, dan kemudian kerangkanya dikuburkan di Loro Dirma), makam Sisilia Fouk Nekin (permaisuri raja), Seuk Dasi Mau Kumu, Iku Tey Seran, dan Tae Bria Seran Nekin (paman dari Raja Manek Fatin Nekin).

Penulis: Jatmiko



Baca Lainnya


Berita Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Pola Perdagangan dan Jaringan Pelayaran di Maluku Tengah Abad XV-XVII dari Hitu ke Ambon

Wednesday 18 / AW

Penelitian Arkeologi Maritim Tahun 2017: Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terbentang dari Sabang di barat hingga  Marauke  di  timur,  dari  Miangas  di  utara  hingga  Rote  di  selatan. Penyebutan…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan