Berita ARKENAS

Rumah Peradaban

Dibaca 18 kali
  • news

  • news

  • news

  • news

  • news

  • news

  • news

Tur Virtual Arkeologi dan Animasi Arci Mengajak Anak Indonesia Bertualang Sekaligus Belajar Nilai Luhur Peradaban Masa Silam ke Pelosok Nusantara

Tuesday 23, Feb 2021 04:03 AM / Atika

oleh: M. Ruly Fauzi. M.Sc.

Kapan terakhir kali Sahabat Arkeo berkunjung ke situs purbakala? Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia barangkali sulit untuk mengingatnya. Apalagi untuk para pelajar dan mahasiswa yang sebagian besar masih menjalani sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hingga saat ini. Tidak dapat dipungkiri, bahwasannya pandemi global Covid-19 yang berlangsung hampir setahun lamanya telah membuat jarak antara masyarakat dengan peninggalan peradaban silam. Padahal riset oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) telah berhasil mengungkap nilai-nilai luhur budaya masa silam yang ternyata masih aktual hingga saat ini. Akar-akar kebinekaan, toleransi, serta harmonisasi manusia-lingkungan berwujud peradaban yang berkelanjutan (sustainable) merupakan sebagian hal yang dapat dipelajari dari kebudayaan masa lalu bangsa ini.

Puslit Arkenas di bawah Balitbang dan Perbukuan, Kemendikbud pada hari Jumat 19 Februari 2021 meluncurkan layanan Tur Virtual Arkeologi dan Animasi Archi sebagai alternatif media pembelajaran sejarah dan peradaban bangsa. Acara tersebut mengundang ratusan guru mata pelajaran Sejarah yang tergabung di dalam Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) serta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah.

Tur virtual dengan memanfaatkan teknologi citra 360° beresolusi tinggi tersebut menyajikan tiga situs arkeologi, antara lain Trowulan, Kawasan Maros-Pangkep, serta Gua Harimau. Sementara video animasi Archi menampilkan hasil riset arkeologi terkini dari Danau Matano, Tambora, Gua Harimau, Jatiluwih, serta Kadiri. Kepala Puslit Arkenas, Dr. I Made Geria di dalam sambutannya mengutarakan “layanan ini merupakan penajaman komponen output dari program Rumah Peradaban oleh Puslit Arkenas yang mendukung proses pembelajaran nilai luhur kebudayaan bangsa yang terkandung di situs arkeologi”. Dengan demikian, Tur Virtual Arkeologi maupun Animasi Archi, diharapkan mampu menginspirasi anak-anak bangsa untuk semakin mencintai dan mengapresiasi peninggalan arkeologi.

Ir. Totok Suprayitno, Ph.D selaku PLT Kepala Balitbang dan Perbukuan menyampaikan, “Tur virtual oleh Puslit Arkenas dapat menjadi media pembelajaran baru untuk para siswa sekolah dan guru. Bersama animasi Archi, keduanya diharapkan dapat dimanfaatkan guru untuk menyampaikan nilai-nilai keindonesiaan yang terkandung di dalam peradaban masa silam bangsa ini”. Tentunya hal tersebut selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar yang diterapkan oleh Kemendikbud. Semakin banyak pilihan sumber non teks yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Terlebih lagi sumber informasi yang disajikan berbasis riset paling mutakhir oleh Puslit Arkenas, sehingga masyarakat semakin mudah mengakses pengetahuan yang valid dari sumber yang terpercaya.

Tur Virtual Arkeologi dapat diakses melalui laman https://turvirtualarkeologi.kemdikbud.go.id/ atau memilih fitur Tur Virtual pada salah satu menu di laman http://rumahperadaban.kemdikbud.go.id/. Sedangkan Video animasi Archi dapat disaksikan melalui berbagai platform media sosial Puslit Arkenas seperti YouTube, Instagram, Twitter dan Facebook. Selamat berselancar melintasi ruang dan waktu untuk memetik pelajaran dari peradaban masa silam bangsa ini.



Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Arkeologi Natuna: Jaringan Pelayaran dan Perdagangan Pulau Terdepan Nusantara

Monday 07 / Atika

Latar Belakang Natuna adalah gugusan Kepulauan Nusantara di Samudra Natuna Utara (Cina Selatan) yang  memiliki posisi penting sebagai kawasan perbatasan NKRI.   Pada saat ini pemerintah sedang membangun dan  memperkuat wilayah…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan