Berita ARKENAS

Diskusi Ilmiah

Dibaca 378 kali
  • news

  • news

Diskusi Konservasi Benda Arkeologi Bahan Kertas

Friday 26, Jun 2020 11:59 AM / Atika

Jakarta – Pusat Penelitian Arkeologi Nasional pada Kamis, 18 Juni 2020 lalu kembali melaksanakan kegiatan diskusi melalui aplikasi zoom. Diskusi yang dimoderatori oleh Aulia Muharini dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional kali ini membahas mengenai konservasi benda arkeologi dari bahan kertas. Pada diskusi kali ini Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mengundang dua orang narasumber yaitu Aris Riyadi, S.Si, M. Hum dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Dhani Sugiharto, M. Kom dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

Materi pertama dengan judul “Saat Ini Untuk Masa Depan” dipaparkan oleh Aris Riyadi. Dalam pemaparannya, beliau membahas mengenai jenis-jenis benda yang terbuat dari kertas, jenis-jenis kertas, cara pembuatan kertas baik secara tradisional maupun modern, struktur kertas, bahan tinta, faktor penyebab kerusakan, dan teknis konservasi kertas pada umumnya, serta absklat pada khususnya. Kesimpulan dari pemaparan beliau adalah pelestarian bahan pustaka tidak pernah dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Tindakan bijak dan tepat adalah bagaimana menjaga (preventif), menciptakan metode, dan memanfaatkan teknologi terbaru.

Materi kedua disampaikan oleh Dhani Sugiharto dengan judul “Presevervasi Arsip”. Dalam paparannya beliau menyampaikan latar belakang preservasi/konservasi, jenis-jenis arsip (film, analogue disc, digital based, paper based, magnetic tape, optical discs, cylinder recordings, and paper based), faktor kerusakan arsip, penanganan arsip, penyimpanan arsip, dan konservasi arsip.

Beberapa hal yang digarisbawahi dalam diskusi konservasi benda arkeologi bahan kertas ini adalah perlunya pembelajaran yang lebih mendalam tentang konservasi, terutama pada masa pandemi ini, perlu adanya standarisasi tempat penyimpanan, pengkategorian kerusakan sehingga dapat ditentukan jenis penanganannya, perlu adanya pencatatan sebelum dan sesudah restorasi. (DRE)



Baca Lainnya


Artikel Arkenas

Publikasi Penelitian
Penelitian Lainnya research

Pola Perdagangan dan Jaringan Pelayaran di Maluku Tengah Abad XV-XVII dari Hitu ke Ambon

Wednesday 18 / Atika

Penelitian Arkeologi Maritim Tahun 2017: Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terbentang dari Sabang di barat hingga  Marauke  di  timur,  dari  Miangas  di  utara  hingga  Rote  di  selatan. Penyebutan…

Baca Selengkapnya...


Kategori Terbitan

Aspek
device it's being served on. Flexible grids then size
1 Tulisan
Amerta
device it's being served on. Flexible grids then size.
20 Tulisan
BPA
device it's being served on. Flexible grids then size.
300 Tulisan
Kalpataru
device it's being served on. Flexible grids then size.
1325 Tulisan
Monografi
device it's being served on. Flexible grids then size.
2000 Tulisan